Musim hujan saat ini memang tak lagi bisa diprediksi kapan datangnya. Bahkan, BMKG juga saat ini kesulitan memprediksi puncak musim penghujan di Indonesia.

Jika kehujanan mungkin memang masih bisa diatasi. Namun, bagaimana jika HP kesayangan kita terkena air atau tercebur hingga basah kuyup? Ada kemungkinan hal tersebut bisa terjadi kan?

Mungkin kalian tidak sengaja menjatuhkannya saat berkendara, berjalan, atau ketika sedang memainkan handphone kalian.

Nah, jika terjadi seperti itu, biasanya akan banyak yang panic dan melakukan langkah – langkah yang salah.

Untuk menghadapi musim hujan ini, akan lebih baik jika kalian mengantisipasi handphone kalian sampai tercemplung atau kemasukan air. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan hika HP kalian kemasukan air.

1.Jangan Langsung Dinyalakan, Tunggu Satu Sampai Dua Hari

Jangan Langsung Dinyalakan, Tunggu Satu Sampai Dua Hari

Jika HP kalian tercebur pasti kalian akan panic kan. Nah, sebagian besar orang mungkin akan langsung mencoba menyalakan HP nya.

Namun ternyata, cara tersebut merupakan cara yang salah. Hal ini dikarenakan saat HP kalian terkena air atau terendam air, biasanya air – air tersebut akan langsung menyebar dan terserap ke semua komponen.

Jika kalian langsung menyalakannya, nantinya HP kalian akan rentan terjadi konsleting. Karena itulah, kalau bisa langsung kalian keringkan saja jika habis tercebur.

Walaupun kalian mungkin panic dan memiliki keperluan lain yang harus kalian lakukan lewat HP kalian, namun kalian tetap harus mendiamkannya dulu.

Diamkan selama satu sampai dua hari. Pastikan sudah aman dan kering baru kalian boleh nyalakan. Jika tidak, kemungkinan HP kalian akan konslet.

2.Jangan Dijemur Di Bawah Matahari dan Jangan Gunakan Hair Dryer

Jangan Dijemur Di Bawah Matahari dan Jangan Gunakan Hair Dryer

Jika HP kalian terkena air atau basah kalian memang harus mengeringkannya. Namun, sebaiknya jangan dijemur di matahari langsung.

Karena hl ini dinilai bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya. Daripada kalian menjemurnya, kalian bisa mengeringkannya di dalam beras.

Ada banyak cara untuk mengeringkan HP, namun banyak yang menerapkan cara yang salah. Kalian juga tidak boleh menggunakan hair dryer untuk mengeringkan HP kalian.

Mengeringkan HP dengan hair dryer dapat meningkatkan risiko kerusakan komponen penting smartphone. Karena, panas yang dihasilkan hair dryer dapat membuat komponen listrik di dalam HP jadi cepat naik suhunya.

3.Jangan Tekan Sembarang Tombol dan Jangan Digoyang

Jangan Tekan Sembarang Tombol dan Jangan Digoyang

Masih banyak orang yang melakukan hal ini dikarenakan panik, kemudian mereka memencet semua tombol yang ada di HP-nya untuk memastikan HP tersebut aman.

Tapi, yang ada mereka lakukan malah akan merusak. Pasalnya bisa saja air itu malah semakin masuk jika tombol-tombol tersebut dipencet. Jadi, sebaiknya kalian tidak perlu melakukan itu, dan fokus untuk mengeringkan HP saja.

HP tentunya akan basah jika terkena air atau tercebur. Kalian hanya perlu mengambilnya, tapi jangan digoyang-goyangkan. Mungkin maksud kalian ingin menghilangkan air yang berceceran di HP. Tapi, cukup lap saja dengan kain kering atau handuk.

Kalau nanti kalian goyang-goyangkan, justru air malah makin masuk ke hardware. Hal itu tentu akan membuat kerusakan semakin parah.

4.Selamatkan LCD dan Baterai

Selamatkan LCD dan Baterai

Salah satu langkah yang tak kalah penting ketika HP terkena air adalah memastikan bahwa LCD-nya kering terlebih dahulu.

Kalian wajib bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya rentan rusak setelah terkena air. Hal ini karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP kamu.

Selain LCD, selamatkan juga baterai. Hal ini mungkin berlaku pada HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau tidak, kalian mungkin bisa mengeringkannya dengan kipas. Ingat, jangan mengeringkan dengan hair dryer. Karena bisa merusak komponen di dalamnya.

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa kalian lakukan jika HP kalian terkena atau terendam air. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, terutama bagi kalian yang saat ini bermasalah dengan HP yang sering terkena air.

Kiriman serupa