Minggu ini, Apple sudah meresmikan jajaran ponsel iPhone 13 terbaru milik mereka. Di antaranya adalah iPhone 13 dan iPhone 13 mini yang merupakan model penerus dari iPhone 12 dan iPhone 12 Mini sebelumnya.

iPhone 12 dan iPhone 13 Mini ini punya ukuran poni atau notch yang diklaim 20% lebih ramping dibandingkan dengan produk terdahulunya.

Selain itu, susunan 2 kamera belakangnya juga diubah, tidak lagi segaris secara vertikal melainkan diposisikan menjadi diagonal.

Menurut informasi, ada 2 alasan kenapa penempatan lensa kamera belakang iPhone 13 ini diubah, pertama karena teknis, dan kedua karena strategi pemasaran.

Salah satu fitur menarik yang hadir pada iPhone 13 adalah teknologi Sensor-shift OIS yang disematkan di kamera utama (wide).

Teknologi yang sebelumnya diterapkan di iPhone 12 Pro Max ini menggerakkan sensor kamera untuk menstabilkan perekaman gambar. Sensor-shift OIS diklaim lebih efektif meredam goyangan dibanding OIS konvensional yang mengandalkan gerakan lensa.

Saat peluncuran lini iPhone 13, cara kerja Sensor Shift OIS ini sempat dijabarkan secara singkat oleh Apple. Melalui video yang dipamerkan, terlihat jelas bahwa modul Sensor Shift OIS ini punya ukuran yang lumayan besar. 

Karena alasan itulah jarak antara kamera utama dengan satu kamera lainnya harus terpaut jauh dan disusun secara diagonal. “Kami (Apple) merancang arsitektur terbaru serta mengubah lensa 45 derajat agar penempatannya sesuai dengan dua kamera belakang ini,” ujar Apple, Jumat 17 September 2021.

Sebab, jika ditempatkan secara vertikal, maka modul Sensor-shift OIS tidak akan muat dan otomatis juga akan mempengaruhi pergerakkan sensor tersebut.

“Kami (Apple) memberi ruang lebih untuk penempatan Sensor-shift OIS. Kami juga melengkapi kamera ponsel dengan sensor Ultra Wide yang lebih cepat,” lanjut Apple iPhone 13 sendiri dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.4, bidang pandang 120 derajat).

Spekulasi lainnya juga menyebutkan bahwa Apple mengubah desain kamera belakang iPhone 13 dengan alasan untuk strategi pemasaran.

Karena, pada dasarnya spesifikasi iPhone 13 sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan iPhone 12. Peningkatannya hanya terletak di bagian notch, layar, dan kapasitas baterai yang lebih besar, di samping penggunaan chip Apple A15 Bionic yang lebih bertenaga.

Dengan dirombaknya posisi kamera belakang menjadi diagonal, iPhone 13 pun jadi memiliki ciri fisik yang membedakannya dari iPhone 13. “Itu salah satu cara untuk memberi sinyal bahwa mereka (pembeli) memiliki perangkat terbaru yang berbeda dari sebelumnya,” tulis situs The Next Web.

Kalau menurut kalian, posisi kamera mana yang lebih bagus?

Kiriman serupa