Masalah hardware yang biasanya menimpa pengguna laptop adalah kipas atau heatsink yang berputar terlalu kencang sehingga menimbulkan suara berisik.

Sejumlah pemilik laptop mungkin sering dikejutkan dengan suara kipas laptop yang bising dan bekerja lebih cepat daripada biasanya. Situasi itu pun membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

Apalagi, untuk kalian yang jarang sekali membawa laptop ke tempat service. Pasti hal – hal sepert ini dapat terjadi.

Suara berisik tersebut tentunya sangat mengganggu. Namun, apa sih sebenarnya penyebab kipas laptop tersebut berputar sangat cepat?

1.Processor Bekerja Terlalu Keras atau Sistem Operasi Terlalu Berat

Processor Bekerja Terlalu Keras atau Sistem Operasi Terlalu Berat

Seperti yang diketahui jika kita menjalankan aplikasi berat seperti game atau editing video maka otomatis processor akan bekerja sangat keras.

Hal tersebut membuat suhu dari processor itu sendiri meningkat drastis. Dengan demikian kipas yang berfungsi sebagai pengstabil suhu processor juga akan berputar semakin kencang dan menimbulkan bunyi bising.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Terlebih lagi menjalankan aplikasi berat seperti yang tadi dijelaskan.

Dan perhatikan juga spesifikasi dari laptop kamu. Apakah laptop kamu mampu menjalankan aplikasi yang berat atau tidak. Jika tidak mampu menjalankan aplikasi berat, sebaiknya jangan sekali-kali kamu menjalankan aplikasi tersebut.

Sistem Operasi yang tidak sesuai dengan laptop kamu dapat membebani daya kerja dari laptop tersebut. Hal itu akan memicu processor bekerja ekstra untuk tetap menjalankan OS tersebut.

Jika processor bekerja sangat keras maka otomatis kipas laptop juga akan beputar semakin kencang pula. Hal tersebut dapat membuat kipas cepat rusak loh gaes.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan Sistem Operasi yang ringan saja atau bawaan dari laptop tersebut.

2.Kipas Laptop Kotor atau Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan

Kipas Laptop Kotor atau Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan

Penggunaan laptop yang sudah lama juga dapat mengakibatkan kipas laptop berputar dengan kencang. Terlebih lagi kamu jarang membersihkannya.

Hal tersebut akan mengakibatkan kipas laptop tertutup oleh debu. Debu yang menumpuk di fan akan menutup sirkulasi udara. Dan sirkulasi udara yang tertutup akan mengakibatkan processor memanas dan membuat fan bekerja sangat kencang untuk menetralisirnya.

Untuk mengatasi hal tersebut adalah membersihkannya secara rutin. Sangat dianjurkan menggunakan jasa service laptop atau komputer untuk membersihkannya agar mencegah kerusakan fatal.

Multitasking atau kegiatan berganda adalah menjalankan sesuatu secara bersamaan. Salah satu contohnya adalah menjalankan aplikasi di laptop secara bersamaan.

Penggunaan aplikasi secara bersamaan tentunya akan berpengaruh terhadap daya kerja processor. Jika terlalu memaksakan, maka processor akan panas dan tentunya memicu fan berkerja semakin kencang.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kurangi penggunaan multitasking. Namun, jika harus terpaksa menggunakan multitasking, usahakan hanya 2-3 aplikasi saja yang berjalan.

3.Kipas Laptop Rusak

Kipas Laptop Rusak

Yaps, kipas laptop yang rusak dapat memicu berputarnya kipas dengan cepat dan menimbulkan suara bising. Hal tersebut dapat terjadi karena usianya yang sudah terlalu tua atau penempatan kipas laptop yang salah.

Sudah berapa tahun kamu menggunakan laptop kesayanganmu? Jika sudah bertahun-tahun, bisa jadi suara berisik muncul akibat komponen kipas laptop sudah rusak seiring lamanya umur pemakaian laptop.

Penyebab lainnya adalah keteledoran memasang kipas yang kurang sesuai setelah melakukan upgrade laptop.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu perhatikan bagian dalam laptop kamu. Adakah yang rusak atau tidak, dan juga rutin melakukan service.

Gantilah kipas sesegera mungkin ke tempat servis terpercaya. Saat ini, sudah banyak kipas yang menawarkan tingkat kecepatan yang dapat diatur atau mendukung modulasi kecepatan kipas melalui program seperti SpeedFan.

Solusi lainnya, kamu bisa melengkapi laptop dengan pendingin eksternal (laptop cooler) yang berfungsi agar laptop tidak cepat panas. Jadi, amatlah penting untuk menaruh perhatian kepada ‘nyawa’ laptop kesayanganmu.

Nah, itulah beberapa penyebab kipas laptop yang tiba – tiba mengeluarkan suara yang kencang saat kalian sedang menggunakannya.

Semoga artikel ini dapat berguna, bermanfaat, serta dapat membantu kalian menemukan jawaban kenapa kipas laptop kalian tiba – tiba berbunyi kencang.

Kiriman serupa