OS Windows 11 nantinya bisa didapatkan oleh pengguna Windows 10 yang memiliki lisensi orisinil pada bulan sekitar November hingga Desember mendatang.

Tetapi sebelum kamu memasang OS terbaru dari Windows ini, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah spesifikasi yang dimiliki sudah sesuai dengan standart Windows 11.

Syarat untuk menggunakan Windows 11 adalah memiliki CPU dual core dengan kecepatan minimal 1GHz, RAM 4GB, Internal 64GB, dan juga modul keamanan yaitu Trusted Platform Module (TPM) 2.0.

Nah, jika saat ini kamu sudah tidak sabar untuk mencoba Windows 11, kamu bisa menggunakan Windows 11 versi preview apabila kamu terdatar di dalam Windows Insider Program.

Windows Insider Program sendiri merupakan progam pengujian untuk mengumpulkan feedback atau masukan dari calon terbaru Windows sebelum akhirnya dirilis untuk global di dunia.

Progam yang satu ini bisa kamu ikuti dengan cara mengunjungi menu Windows Insider Program yang terdapat pada Settings Windows 10 masing-masing.

Untuk mengaksesnya kamu cukup ketikan kata kunci yaitu Windows Insider di menu start dan juga pilih pengaturan Windows Insider Programs Settings yang muncul di kolom pencarian.

Lalu kamu bisa melanjutkannya dengan menekan Get started di settings yang muncul dan masuk dengan akun Mircrosoft kamu. Jika belum punya kamu bisa mendaftar terlebih dahulu.

Setelah berhasil masuk, kamu tinggal menekan tombol confirm sehinga kamu menyetujui aturan dan juga kebijakan dari Windows Insider Programs dan pilih Pengujian OS Windows yang diinginkan.

Terdapat 3 pilihan yang bisa kamu pilih untuk dipakai yaitu developer Channel, Beta Channel dan juga Release Preview Channel.

Perbedaan ketiga pilihan tersebut hanya di waktu pembaruan Windows 1 serta bug dan juga keseimbangan fitur-fiturnya.

Untuk kamu yang memilih Windows 11 versi Dev. Channel harus meningat beberapa catatan bahwa Windows 11 ini merupakan versi yang belum sempurna dan juga memiliki bug kemungkinan besar.

Berdasarkan pantauan bahwa mereka yang memilih Beta Channel dan jug release Preview Channel hingga saat ini belum bisa memperbarui Windows 10 mereka ke Windows 11.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu yang memilih Beta channel dan juga release preview nantinya akan mendapatkan windows yang lebih stabil ketimbang dev channel.

Apapun pilihannya, pengguna bisa meng-klik tombol “Confirm” dan me-restart komputer atau laptop untuk menyelesaikan proses registrasi.

Ketika komputer atau laptop sudah menyala, buka kembali pengaturan “Windows Insider Program settings” dan pastikan kanal yang dipilih di kolom “Pick your Insider settings” sudah sesuai dengan pilihan tadi.

Pengguna sendiri bisa berpindah kanal cukup dengan meng-klik kanalnya di kolom tadi dan memilih kanal lain, misalnya dari Beta Channel ke Dev. Channel.

Jika sudah yakin, pilih menu “Windows Update” dan klik tombol “Check for updates” untuk mengetahui apakah ada pembaruan OS Windows 11 atau tidak. Karena KompasTekno memilih kanal Dev. Channel, maka pembaruan tampak sudah tersedia dengan nama “Windows 11 Insider Preview 10.0.22000.51 (co_release)”.

Terakhir, klik tombol “Download dan Install” untuk mengunduh pembaruan dan tunggu sampai proses download selesai.

Setelah update berhasil dipasang dan komputer atau laptop di-restart, maka perangkat pengguna akan menjalankan Windows 11 melalui Windows Insider Program.

Belum diketahui kapan pengguna Beta Channel dan Release Preview Channel bakal mendapatkan pembaruan Windows 11 versi masing-masing, namun waktunya kemungkinan tidak akan lama dari perilisan Windows 11 versi Dev. Channel.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Windows akan berencana untuk mengganti Windows 10 mereka yang bisa terbilang sukses menjadi Windows 11.

Beberapa YouTuber di Indonesia maupun luar negri sudah mereview tampilan awal dari windows 11 ini yang sejauh ini tidak terlalu berebeda dengan windows 10.

Perbedaan yang mencolok adalah logo Windows yang berubah menjadi datar saat ini terlihat lebih minimalis dan juga ikon yang lebih fresh ketimbang windows 10.

Windows 10 sejauh ini sudah berjalan sekitar 5 tahun sejak awal perilisannya dan tergolong sukses karena terlihat seperti Windows 7 versi lebih canggih.